Pengumuman PPDB SMP / MTs Ditunda

oleh

Parepare, Panitia terpusat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP/MTs Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Parepare, mengundurkan jadwal pengumuman kelulusan yang sedianya Jumat, 3 Juli 2020.

Pengumuman kelulusan dijadwalkan Sabtu besok, 4 Juli 2020 atau mundur sehari.

Hal ini diungkap Plt Kepala Disdikbud Parepare, Arifuddin Idris, Jumat, 3 Juli 2020.

“Pengumuman PPDB Terpadu yang seharusnya hari ini tanggal 3 Juli, diundur ke tanggal 4 Juli. Dikarenakan adanya perpanjangan masa pendaftaran calon siswa untuk masuk SMP setelah sampai tanggal 30 Juni sebagai batas pendaftaran, masih ada sekitar lebih dari 800 siswa yang belum mendaftar,” ungkap Arifuddin.

Data tersebut, kata Arifuddin, diketahui dari data NISN yang belum terdaftar pada sistem PPDB panitia terpusat di Disdikbud.

Arifuddin mengemukakan, dengan pertimbangan bahwa PPDB online secara satu pintu tahun ini merupakan sesuatu yang baru, maka tentu beberapa siswa dari berbagai segi aspek terkendala melakukan pendaftaran online.

“Oleh karena itu, sebagai bentuk tanggung jawab kami, maka kami menginstruksikan kepada para Kepsek untuk menelusuri siswanya yang belum mendaftar di link PPDB kami. Dan memerintahkan kepada para Kepsek untuk memfasilitasi siswa tersebut melakukan pendaftaran di SMP yang diminati,” terang Arifuddin.

Akibat kebijakan ini, panitia menambah waktu pendaftaran yang berujung pada diundurnya pengumuman kelulusan pada jenjang SMP/MTs.

Semua pendaftaran PPDB tahun ini terpusat secara daring (online) di link ppdb-smp.pareparekota.biz.id, untuk SMP, ppdb-sd.pareparekota.biz.id, untuk SD, dan ppdb-tk.pareparekota.biz.id, untuk TK.

Arifuddin menjelaskan, untuk SMP sederajat negeri maupun swasta se-Parepare yang berjumlah 22 sekolah tahun ini membuka 94 rombongan belajar atau kelas. Itu menampung 3008 siswa atau peserta didik baru.

“Tapi harus diingat, ada beberapa jalur dalam penerimaan siswa baru tahun ini. Pertama dan menjadi prioritas adalah jalur zonasi dan afirmasi yakni 80 persen dari total kuota setiap sekolah,” ingat Arifuddin.

Jalur kedua, kata Arifuddin, adalah prestasi dengan persentase 15 dari total kuota setiap sekolah. Dan ketiga jalur mutasi, yang hanya 5 persen dari total kuota setiap sekolah.

Beberapa sekolah yang secara tradisi banyak diminati di antaranya UPTD SMPN 1 Parepare membuka 10 kelas atau menampung 320 siswa baru (32 siswa per kelas), UPTD SMPN 2 menerima 10 kelas atau 320 siswa, UPTD SMPN 3, 8 kelas atau 256 siswa, UPTD SMPN 4, 7 kelas atau 224 siswa, UPTD SMPN 5, 7 kelas atau 224 siswa, UPTD SMPN 9, 9 kelas atau 288 siswa, UPTD SMPN 10, 7 kelas atau 224 siswa, UPTD SMPN 12, 7 kelas atau 224 siswa.

“In Sya Allah pengumuman kelulusan PPDB SMP akan kita lakukan secara online besok pada pukul 12.00,” tandas Arifuddin. ( ar )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *