Posbakumadin – Lapas Parepare Beri Pelayanan Gratis Bagi Warga

oleh -4 views

Kantor Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia (POSBAKUMADIN) Cabang Parepare bekerjasama dengan Lapas Kelas IIA Parepare dalam penyediaan layanan Pos Bantuan Hukum.

Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama yang dilaksanakan di Aula Lapas Kelas IIA Parepare, jalan Lingkar Tassiso, Kelurahan Galung Maloang, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, Senin (14/9/2020) kemarin.

Hadir pada penandatanganan tersebut, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Parepare, Indra S Mokoagow, Bc.IP.,S.Sos, dalam hal ini bertindak atas nama Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Parepare

Diikuti pejabat lingkup Lapas Kelas IIA Parepare dan anggota pengurus yang terdiri dari para Advokat dan Advokat Magang serta Para Legal dari Kantor Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia (POSBAKUMADIN) Cabang Parepare.

Ketua POSBAKUMADIN Cabang Parepare, Rahmat S.Lulung, S.H., dalam hal ini bertindak atas nama Yayasan Pos Bantuan Hukum Adin Jakarta.

Dalam keterangannya, Rachmat S.Lulung, S.H., menyatakan, bahwa pihaknya akan melakukan sosialisasi tentang maksud dan tujuan keberadaan Pos Pelayanan Bantuan Hukum ini.

“Dalam lingkup Lapas Kelas IIA Parepare, untuk tahap awal dan selanjutnya akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat umum di luar lingkup Lapas Kleas IIA Parepare ini. Bahwa sebagai Organisasi Bantuan Hukum (OBH), kami POSBAKUMADIN Parepare dituntut untuk memberikan pelayanan bantuan hukum kepada masyarakat secara cuma-cuma bagi yang kurang mampu sebagaimana maksud dari amanat UU nomor tentang Bantuan Hukum,” jelasnya.

Tentang syarat dan ketentuan mengenai siapa saja yang berhak mendapatkan bantuan secara cuma-cuma kata dia, pemerintah telah memberikan pedoman melalui Undang-Undang No.16 tahun 2011 Tentang Bantuan Hukum dan Peraturan Pemerintah No. 42 tahun 2013 tentang syarat dan tata cara pemberian bantuan hukum dan penyaluran dana bantuan hukum.

“Adapun kategori pencari keadilan yang menjadi ruang lingkup pelayanan Pos Bantuan Hukum di sini terdiri dari orang perseorangan atau sekelompok orang yang secara ekonomis tidak mampu membayar jasa advokat sebagai yang diatur dalam Perundang-Undangan tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum bagi masyarakat tidak mampu, yang memerlukan bantuan untuk menangani dan menyelesaikan Perkara Hukum serta berada di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Parepare,” terang Rahmat.

Sekedar diketahui, Pelayanan Pos bantuan Hukum pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Parepare adalah pelayanan yang disediakan oleh POSBAKUMADIN Parepare yang meliputi, pemberian advis dan konsultasi hukum dan Bantuan Pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan lainnya. (Ar)