Gubernur Sulsel hadiri Panen Raya dan Lepas Ekspor Produk UMKM di Pinrang

oleh -40 views

Pinrang-Kembarogi.com- Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah didampingi Bupati Irwan Hamid dan wakil Bupati Pinrang Alimin menghadiri pesta panen di Desa Patobong Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang, Selasa (17/11/2020).

Turut hadir dalam kegiatan pesta panen ini Ketua DPRD Pinrang H Muhtadin, Sekda Andi Budaya, unsur Forkopimda Pinrang, para Pimpinan OPD, para petani setempat dan undangan lainnya.

Bupati Pinrang,Irwan Hamid dalam sambutan penerimaannya menyampaikan rasa syukurnya atas panen raya tahun ini. Irwan Hamid mengucapkan terimakasih kepada Bapak Gubernur atas perkenan berkunjung dan menghadiri panen raya di Kabupaten Pinrang.

“Kunjungan Gubernur Prof Nurdin Abdullah dalam pesta panen merupakan kali keduanya. Di hadapan para petani, kehadiran Gubernur hari ini merupakan kepedulian besarnya terhadap Kabupaten Pinrang,”ucap Bupati Pinrang.

Lanjut Irwan, Bapak Gubernur sangat padat waktunya. Tetapi karena cintanya terhadap kita semua, khususnya pada kaum petani, sehingga Bapak Gubernur berada di Pinrang selama dua hari untuk mengikuti kegiatan (panen raya) yang di laksanakan di Kabupaten Pinrang, Walaupun dalam suasana pandemi Covid-19, Kabupaten Pinrang masih dapat melakukan panen raya. Begitu pula dengan tahun lalu dimana panen raya juga digelar di tengah kemarau panjang,Ini merupakan keberkahan dari Allah SWT.

“Panen raya yang dilaksanakan tahun ini tidak lepas dari sinergi semua pihak. Ini juga hasil dari sinergi seluruh unsur Forkopimda di Kabupaten Pinrang dan dukungan dari Bapak Gubernur. Melalui kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih yang sebesar- besarnya kepada Bapak Gubernur,”tutupnya.

Sementara Gubernur Prof Nurdin Abdullah dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur dan bangga atas panen raya yang digelar oleh petani di Pinrang. Gubernur mengatakan di masa pandemi Covid-19 saat ini Kabupaten Pinrang masih surplus produksi pertanian. Hal ini kata Gubernur, tidak lepas dari perhatian Pemerintah Kabupaten Pinrang terhadap sektor pertanian.

“Sektor pertanian menjadi penopang dalam perbaikan ekonomi kita yang mengalami resesi akibat Wabah Covid-19. Gubernur menjelaskan bahwa keunggulan Indonesia adalah kemampuan kita menyediakan makan terhadap masyarakat sehingga sektor pertanian menjadi perhatian khusus, Pemerintah Provinsi bersama dengan Pemerintah Kabupaten Pinrang akan mensupport penuh apa yang menjadi kebutuhan para petani dalam upaya peningkatan hasil Pertanian,Kita akan mensupport penuh apa yang menjadi kebutuhan petani. Dari Infrastruktur Jalan, penyediaan pupuk dan benih,”jelas prof Nurdin.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sulawesi Selatan juga menyerahkan bantuan 3 buah Alsintan hand traktor masing-masing diberikan kepada Kelompok Tani yang berhasil meningkatkan produksinya masing-masing Kelompok Tani Samaturue, Lasode dan Lurah Pusae. Gubernur menyampaikan bantuan sebagai bentuk motivasi penghargaan bagi petani atas Inovasi dan usahanya dalam meningkatkan produksi padinya.

Pesta panen dalam masyarakat Bugis adalah sebuah tradisi untuk memulai panen raya. Kabupaten Pinrang sebagai salah satu daerah penyangga pangan nasional menjadikan pesta panen sebagai wujud rasa syukur terhadap sang pencipta atas hasil panen yang didapat.

Sebelumnya, Gubernur juga melepas kontainer perdana ekspor produk UMKM Kabupaten Pinrang ke pasar internasional menuju ke Hongkong. Beberapa produk UMKM Kabupaten Pinrang yang tergabung di D, Great UMKM kabupaten Pinrang yakni, Kemiri Sultan, keripik Bachiss, Coffee Forest, Drip Herbal Daun Kelor Dan Daun Sukun, Abon Ikan Tuna, Pomade Ideal Promade, jahe, kue kering kelapa, kerupuk khas Pinrang, Sambal, ikan teri karamel, Terasi Mami Tito, Kayu Manis Pinrang, dan beberapa sampel produk UMKM kabupaten Pinrang lainnya.
(Humas pinrang/Sukri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *