Sekda Barru Sosialisasikan Perbup Nomor 47 Tahun 2020.

oleh -42 views

Barru – KembarOgi. Com – Untuk lebih memantapkan dan memberikan pemahaman kepada para Kepala Desa / Lurah tentang peran, tugas dan fungsi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, maka diadakan Sosialisasi Permendagri yang mengatur tentang tugas fungsi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD). Yaitu Permendagri Nomor 18 Tahun 2018.

Dari turunan Permendagri Nomor 18 Tahun 2018 terbitlah Peraturan Bupati Barru Nomor 47 Tahun 2020 tentang lembaga kemasyarakatan Desa dan Kelurahan yang disosialisasikan oleh Sekda Barru Abustan yang didampingi Kadis PMD Jamaluddin yang dilaksanakan secara virtual yang digelar di ruang Basic Kantor Bupati Barru, Jumat (08/01/2020).

Pada kesempatan itu, Sekda barru menyampaikan materi terkait strategi penguatan kelembagaan masyarakat desa/kelurahan.

Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dalam Permendagri 18 tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa adalah wadah partisipasi masyarakat, sebagai mitra Pemerintah Desa, ikut serta dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan, serta meningkatkan pelayanan masyarakat Desa.

Sekda Barru berharap dalam pengurus lkd dan lkk agar masyarakat mampu dilibatkan dengan baik yang ditetapkan dengan keputusan Kepala Desa dan LKK Keputusan Camat dengan masa jabatan 5 tahun.

“Saya berharap melalui kesempatan ini agar bisa mengaktifkan kembali satgas covid disetiap desa mengingat hari ini kasus covid 19 meningkat drastis, termasuk kader posyandu agar bisa membantu untuk mengedukasi masyarakat yang ada di Desa, termasuk organisasi lainnya agar bisa difungsikan dengan baik dalam membantu tugas pemerintah desa/kelurahan” pungkasnya.

Disamping itu, penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di Desa harus mengakomodasi aspirasi masyarakat yang diartikulasi dan diagregasi melalui BPD dan Lembaga Kemasyarakatan sebagai mitra Pemerintah Desa, serta penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di Desa ditujukan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat melalui penetapan kebijakan, program dan kegiatan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat. Dengan demikian keberadaan Lembaga Kemasyarakat dapat berfungsi sebagai mana mestinya demi kelancaran pembangunan dan membantu dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

(Andri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *