Vaksinasi Tahap 1 Dikhususkan Bagi Tenaga Kesehatan Disejumlah RS dan Puskesmas

oleh -5 views

Barru – KembarOgi. Com – Sebanyak 1.744 tenaga kesehatan di Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan, akan menjalani proses vaksinasi Covid-19, untuk tahap pertama, di tiap Puskesmas dan Rumah Sakit. Pelaksanaan vaksinasi itu, diperkirakan di atas tanggal 14 Januari 2021 mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Barru, DR. Ir. Abustan, M.Si., mengatakan bahwa, jatah vaksin tahap pertama 1.744 dosis, sesuai jumlah tenaga kesehatan di Barru.

Menurut Abustan, 1.744 dosis Vaksin bermerk Sinovac untuk tahap pertama direncanakan tiba di Barru pekan depan.

“Kuota tahap pertama ini kita terima 1.744 dosis merek Sinovac. Proses vaksinasi akan kita lakukan serentak untuk tenaga medis di tiap Puskesmas dan Rumah Sakit. Pelaksanaannya diperkirakan di atas tanggal 14 Januari mendatang. Pemkab Barru melalui Dinas Kesehatan, sudah mengatur alur distribusi vaksin tersebut, jika sudah sampai di Barru.” kata Abustan pada Kamis (7/1).

Sementara itu, Kadis Kesehatan Barru, dr. Amis Rifai menjelaskan bahwa, vaksin akan diantar langsung ke tiap Puskesmas.

“Sampai di Puskesmas vaksin akan disimpan dalam ruangan pendingin untuk menjaga mutu vaksin. Sambil menunggu izin edar yang dikeluarkan BPOM,” ujarnya.

Menurut Amis, rencana vaksinasi ditujukan bagi tenaga kesehatan yang tidak terpapar Covid-19. Sementara bagi yang pernah dinyatakan positif Covid-19 akan diskrining terpisah.

“Yang divaksin adalah mereka yang tidak terpapar, karena belum memiliki antibodi melawan Covid-19. Sementara yang pernah positif akan menjalani skrining.” terangnya.

Mantan Direktur RSUD Barru ini menambahkan, guna mendukung kelancaran vaksinasi, tenaga vaksinator juga telah dilatih jauh hari sebelumnya.

“Jadi kita pernah adakan pelatihan untuk jadi vaksinator Covid-19 ini. Satu orang tenaga kesehatan tiap puskesmas kita latih. Mereka nanti yang akan mengajarkan rekannya yang lain untuk bertugas sebagai vaksinator,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *