Terkait Strategi Siaga Penangan C19, drg. Hj. Hasnah Syam Ikuti Rapat Virtual Bersama Kemenkes RI.

oleh -26 views

Barru-KembarOgi. Com – Anggota DPR RI Komisi IX Ibu Drg. Hj Hasnah Syam, Mars mengikuti rapat Pengawalan Keamanan, khasiat, dan mutu vaksin Covid 19 sebelum dan sesudah peredaran yang digelar oleh Kementerian Kesehatan Bersama Badan Pom RI secara Virtual di Rumah Jabatan Bupati Barru, Selasa (12/01/2021).

Acara tersebut dibuka oleh Menteri Kesehatan Bapak Budi Gunadi Sadikin.

Dalam sambutannya, Menteri Kesehatan menyampaikan ucapan terima kasih kepada para peserta rapat yang turut hadir dalam acara tersebut sehingga acara rapat ini bisa berlangsung khidmat dan lancar sesuai harapan.

” Saat ini kita harus memikirkan strategi siaga penangan pandemi Covid 19 yang merebak ditanah air, khususnya dalam ketersediaan infrastruktur kesehatan dalam penanganan wabah tersebut. Seperti halnya ketersediaan alat rapid test, swab test hingga rapid antigen yang baru-baru ini menjadi acuan dalam uji klinis indikator penularan pandemi covid 19 di Indonesia” ujarnya.

Sementara itu, Drg. Hj. Hasnah Syam, Mars selaku Anggota DPR RI dari Komisi IX tidak menyianyiakan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan pada sesi diskusi tersebut, namun sebelum pemaparan pertanyaan yang diajukan, Hasnah Syam mengucapan selamat atas pelantikan kepada Pak Budi Gunadi selaku Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

” Kami ucapkan selamat atas dilantiknya Bapak sebagai Menteri Kesehatan, kami berharap semoga Bapak Budi Gunadi yang baru saja dilantik menjadi Menteri Kesehatan Republik Indonesia, akan membawa Indonesi pada kondisi yang lebih baik, terutama dibidang kesehatan Masyarakat di masa pandemi covid 19″ ucap drg. Hj. Hasnah Syam.

Selanjutnya Ibu Drg. Hj. Hasnah Syam., Mars memaparkan sejumlah pertanyaan kepada Bapak Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan dan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia.

Dalam sesi pertanyaaan tersebut Hasnah Syam menanyakan kepada Bapak Menteri Kesehatan Republik Indonesia yaitu Bapak Budi Gunadi Sadikin terkait Keandalan dan Keamanan Vaksin Sinovac dalam menanggulangi krisis pandemi Covid 19, yang dimana Pemerintah Republik Indonesia melalui Menteri Kesehatan akan mengedarkan dan memberikan Vaksinasi kepada Masyarakat ditanah air secara gratis.

Menurutnya, Pengawalan Keamanan, khasiat, dan mutu vaksin Covid 19 sebelum dan sesudah peredaran, bahwasanya otoritas badan POM RI dalam kondisi darurat terkait pandemi covid 19, melakukan proses sajian uji klinis terhadap vaksin covid 19. Dalam proses uji klinis tersebut vaksin Sinovac  telah melalui 3 fase dalam penelitian dan pengembangan Vaksin Covid 19, termasuk sisi keamanan dan keandalan Vaksin dalam menetralisir Sars Cov atau Biasa disebut Covid 19 didalam tubuh manusia.

Hasil Evaluasi dari data uji klinis terhadap bio farma secara keseluruhan bersifat aman dan dengan skala efek samping dalam kategori ringan dan sedang, sehingga secara keseluruhan aman dalam pemberian vaksin Covid 19 di Indonesia.

Di Akhir acara, Menteri Kesehatan RI mengucapkan Terima Kasih kepada Seluruh peserta rapat yang hadir terutama dari berbagai fraksi dari komisi IX DPR RI yang telah turut mensukseskan acara tersebut.

(Andri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *