RSUD A. Makkasau Kembali Dapatkan Kepercayaan Dari Kementrian Kesehatan RI

oleh -15 views

Parepare, – Kembarogi.com – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia kembali memberikan kepercayaan kepada pihak managemen Rumah Sakit Umum Daerah Andi Makkasau Kota Parepare untuk menerima Enam Dokter Internsip guna Magang yang semunya berasal dari luar Sulawesi Selatan.

Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) merupakan proses pemantapan mutu profesi dokter untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan, secara terintegrasi, komprehensif, mandiri, serta menggunakan pendekatan kedokteran keluarga, dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan.

Ketua Komite Medik RSUD Andi Makkasau kota Parepare dr. Mahyuddin Rasyid menjelaskan, Enam dokter magang itu akan dibimbing di RSUD Andi Makkasau sekira beberapa bulan ke depan. Sekira 4 bulan. Namun, sambung dia, mereka akan di Parepare selama 1 tahun.

“Yang istimewa dari dokter magang yang dikirim ke RSUD Andi Makkasau ini karena rata-rata mereka lulusan luar. Ada yang dari lulusan kedokteran Jakarta, Mataram dan Papua,” ujar dr. Mahyuddin saat ditemui, Senin (31/5/2021).

Kata Mahyuddin, dokter magang di RSUD Andi Makkasau nantinya memiliki kewajiban yang sama dengan dokter pada umumnya. Namun, kata dia, dalam sumber mereka masih perlu pendampingan dan bimbingan dari dokter RSUD Andi Makkasau Parepare.

“Kami juga telah menyampaikan agar di kemudian hari mereka harus menunjukkan sikap dalam memberikan pelayanan langsung ke masyarakat. Selalu melakukan konsultasi dan komunikasi ke semua pemangku kepentingan terkait. Sehingga diharapkan dengan program ini melahirkan Dokter-dokter yang mumpuni dan profesional, ”urainya.

Mahyuddin juga menjelaskan, Enam orang itu tengah menjalani Program Magang Dokter Indonesia (PIDI). Program itu sebagai proses pemantapan mutu profesi dokter untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan terintegrasi, komprehensif, mandiri, serta menggunakan pendekatan kedokteran keluarga dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan.

Pada penerimaan dokter magang tersebut, turut hadir Wakil Direktur Bidang Administrasi dan Keuangan drg. Andi Cenrara. Juga dihadiri Ketua Dewan Pengawas serta beberapa Kepala Bidang dan Kepala Sub / Seksi Bidang lingkup RSU Andi Makkasau Parepare. (ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *